Selasa, 18 Maret 2014

CARA MENGINSTAL LINUX PADA LAPTOP

CARA MENGINSTAL LINUX PADA LAPTOP 

Di sini saya akan memperlihatkan langkah-langkah untuk menginstal linux pada laptop Anda dengan mudah dan praktis menggunakan virtual box J
Ok,,, berikut langkah-langkahnya :
1.    


Pastikan aplikasi Virtual Box sudah tersedia pada laptop Anda,  jika belum maka install Virtual Box terlebih dahulu.



2.     Kemudian jalankan aplikasi Virtual Box tersebut dengan mengklik iconnya dua kali. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :





3.     (tidak usah memperdulikan nama “Mailuz Zulfa Qonia” J) Setelah jendela tersebut muncul klik icon “baru” pada toolbar yang tersedia. Ketika icon “baru” diklik akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


4.     Langkah selanjutnya adalah klik icon “next” dan akan muncul tampilan,



5.     Pada kotak Nama diisi sesuai dengan keinginan (bebas), di sini saya menggunakan nama LINUX (sesuai aplikasi yang sedang kita bahas J). Ketika mengetik nama linux,  Operating System dan Version akan mengikuti secara otomatis.
.     Setelah tampilan seperti diatas muncul klik “Next”,  maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

6
Memori tersebut adalah untuk menetukan kapasitan memori yang akan di gunakan oleh aplikasi Linux yang akan kita jalankan nanti. Untuk ukuran atau kapasitas memorinya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Setelah kapasitas memori tersebut disesuaikan maka klik “Next”.

7.     Tampilan yang akan muncul berikutnya adalah seperti berikut :

Yang kita lakukan pada tampilan tersebut hanya mengklik “Next”, tidak perlu ada yang di rubah.
8.     Kemudian langkah selanjutnya sama seperti di atas, yaitu hanya mengklik “Next” pada tampilan  berikut J


     

9.     Tampilan  selanjutnya adalah seperti di bawah ini, pada tampilan tersebut terdapat kotak location, location merupakan pilihan dimana kita akan meletakkan atau menyimpan linux tersebut dan ukurannya tidak perlu di rubah.

10.                        Selanjutnya adalah menciptakan Disk Virtual Baru dengan cara mengklik icon “create” seperti pada gambar  berikut:




  
11.                         (sudah tidak sabar ingin cepat menggunakan linux ya ? :D  tenang proses kita sebentar lagi selesai J ) langkah berikutnya adalah Ciptakan Mesin Virtual Baru dengan mengklik ikon “create” pada tampilan seperti dibawah ini :
12.                         Linux telah siap untuk di jalankan pada virtual box, akan tetapi belum bisa digunakan karena harus melewati beberapa tahap lagi J


13.                         Langkah selanjutnya adalah klik “Mulai” pada toolbar Virtual Box , dan akan muncul tampilan seperti berikut :

14.                         Selanjutnya  akan muncul gambar seperti di bawah ini kemudian klik Next:




15.                         Dan di lanjutkan dengan gambar seperti berikut : 

Disini kita akan memilih media instalasi pada Source Media. Sudah jelas kita harus mengganti “Ubuntu” dengan “Linux”, kemudian klik Next.


16.                         Setelah itu klik mulai ketika gambar seperti dibawah ini:




17.                        Akan muncul gambar seperti di bawah ini:









18.                        Langkah selanjutnya setelah menunggu keluarnya gambar seperti di atas kemudian muncul gambar seperti di bawah ini :













19.                         Berikut adalah langkah terakhir untuk menginstal Linux pada laptop. Klik ikon seperti gambar di atas yang telah dilingkari merah, ketika ikon tersebut di klik akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Gambar tersebut menunjukkan bahwa linux telah selesai di instal dan siap di gunakan.

ü Simple kan J.  Semoga bermanfaat J









By_Mailuz_Zulfa_Qonia

PILKOM A (1300697)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar